DESKRIPSI KEGIATAN TEMU 4 BERSAUDARA SYAWAL 1443 H/4 MEI 2022

Deskripsi ini sebagai laporan kegiatan pertemuan TABASSUM, yang terdiri uraian pra kegiatan, kegiatan dan keluar-masuk keuangan.

PERSIAPAN

  1. Temu Pengurus Inti

Temu pengurus adalah kali pertama dilakukan setelah pertemuan 4 Saudara tahun lalu, pada tanggal 10 April 2022. Temu pengurus inti ini membahas tentang persiapan dan kemungkinan pertemuan yang akan datang (Syawal 1443 H) berkait penyepakatan waktu dan penyusunan undangan serta penyempurnaan dan penyampulan database anggota keluarga yang ada. Temu ini menghasilkan kesepakatan tentang: PERTAMA, waktu pelaksanaan yaitu 5 Mei 2022 atau 4 Syawal 1443 H bertempat di Rumah Bapak HESAMUDDIN BIN HOSNIYAH BINTI RUHMA BINTI KYAI ABU BAKAR, KEDUA, penyampulan database keluarga dan penyiapan undangan oleh sekretaris serta penyempurnaannya oleh Koordinator BANI, KETIGA, koordinator bani yang ditunjuk dan disepakati adalah 1. Abd. Gani (Bani Sutama (Rakib)-Rampet), 2. Kyai Suto (Bani p. Addu (Emmar)-Gersik Putih), 3. Atmawi (Bani Nurbati (Kahma)-Caremi), 4. Sunarwi (Bani Bahreyan (H. Abd. Salam)-Panele), 5. Hesamuddin (Bani Ruhma (Hosniyah)-Mandala), 6. Ali (Bani Ny. Zainiyah (Atli)-Polalang), 7. Fajar (Bani Marzuki (Masnan)-Gapura Tengah), 8. Moh. Jufri (Bani Abdul Mannan (H. Ismail)-Talesek), 9. Zainurrahmah (Bani K. Mattamin (Hj. Sa’diyah)-Burtong), 10. Bayanullah (Bani Abdullah (Drs. Ismail)-Sumenep), 11. A. Junaidi (Bani Abdullah (Nyi. Zainatun)-Sumenep), 12. Syukron Arifin (Bani H. Fatah)-Rombu), 13. Mohammad Hosein Rowi dan 14. H. Mohammad Rasyid (Bani KH. Abd. Latif (Nurul Fathonah)-Sumenep), yang akan dihadirkan pada tanggal Rabu, 20 April 2022 di rumah Ketua Tabassum sekaligus Buka Bersama, KEEMPAT, donatur keluarga yaitu (Moh. Jufri, Sayena, Nurul Hamdi, Sugiarto, Ahmad, Hj. Maimuna, Azizatul Karimah, H. Asy’ari – (Banjar Barat), Hj. Susiyana, Nuri Rizki – (Kolor), Husnul Fatini (Kebunan), Hj. Umi Farida (Pangarangan), Maftuhal Khair, HM. Afif Ma’ruf, KH. Arifin, Hj. Hasyi’ah (Gapura Barat), Nurul Fatonah, Karim Amrullah, Anis, Anam, Anton, Amrullah, Bayanullah, Zaki Zulkarnain (Sumenep).

2. Temu Pengurus dan Koordinator BANI.

Agenda ini dilaksanakan sesuai waktu yang direncanakan, walaupun akhirnya tidak bisa berbuka bersamadan yaitu Rabu, 20 April 2022 dan dihadiri 10 orang Koordinator. Pada pertemuan ini dijelaskan tentang tugas koordinator Bani, sekaligus meminta masukan  berkait langkah penyempurnaan database. Dan disepakati bahwa koordinator bani mempunyai tugas menyempurnaan pada database yang telah tercetak dengan cara melakukan penelusuran pada saat penyebaran undangan, sekaligus melakukan pendataan berkait anggota keluarga yang bersatus JANDA DHU’AFA untuk diberikan santunan.

PELAKSANAAN

1. Rangkaian Kegiatan

Sesuai kesepakatan musyawarah via Group WA, agenda kegiatan diatur sesingkat mungkin, yaitu ceeking kehadiran peserta, Pembukaan, Pembacaan ayat suci al-Quran, Penbacaaan Tahlil, Penguatan Kebanian, dan Penutup (doa) dihiasi dengan agenda tambahan berepa pemberian santunan dan doorprice kehadiran.

2. Pelaksanaan Kegiatan

Ceeking kehadiran peserta dimulai pukul 08.00-09.00. Penyambutan peserta dibagi dua, jalur wanita dan jalur laki-laki. Kehadiran berjumlah 250 peserta.

Pembukaan oleh KH. Arifin Fattah langsung diawali dengan pengirimian al-Fatihah untuk semua arwah yang terkumpul yang berjumlah 176 arwah.

Selanjutnya pembacaan ayat suci al-Quran oleh M. Reza Fahmi Asyiqi. Acara ini terkesan mendadak karena tidak direncanakan terlebih dahulu. Tujuannya adalah memberi ruang aktualisasi bagi generasi penerus keluarga, karena itu pada kegiatan ke depan akan dijadwalkan secara bergantian bagi anak-anak kita yang punya bakat.

Pembacaaan Tahlil oleh K. Hosein Rowi. Bacaan ini adalah bacaan wajib setiap pertemuan sebagai wujud kepedulian kita dan menyambungkan hati kepada setiap arwah leluhur pendahulu serta selalu mendoakannya agar kita tergolong generasi dari 4 bersaudara yang terkategori “waladin shalihin” anak soleh yang tak lupa mendoakan mereka.

Penguatan Ke-Bani-an oleh Ketua (H. Achmad Mulyadi). Agenda ini dijadikan kesempatan untuk menyampaian informasi tentang ke-BANI-an. Dari sisi kuantitas, jumlah BANI menemukan perkembangan pada setiap generasi. Generasi 1 ada 12 bani namun yang aktif 7 bani, Generasi 2 ada 42 bani namun yang aktif 31 bani, Generasi ke 3 ada 69 Bani. Dari semua jumlah bani terdebut terdata 622 orang anggota keluarga. Dengan demikian, Bani yang aktif dan ditemukan jejak perkembangannya berjumlah 107 Bani. Akan tetapi jumlah bani yang aktif saat ini adalah Bani generasi ke 3, yang berjumlah 69 bani.

Kemudian ketua mengenalkan saudara yang hadir sampai generasi ke 3 dengan memanggilnya satu persatu dan menunjukkan wajahnya bagi saudara yang lain. Semoga mementum ini menjadi wasilah yang efektif untuk saling kenal dan berusaha saling mengenalkan diri sesama anggota keluarga 4 bersaudara.

Pada pertemuan selanjutnya akan diperkenalkan jumlah generasi ke 4 dan pengenalannya.

Secara umum, peetemuan tahun ini spesial karena: Pertama, pertemuan 4$ merangkul banyak hati para dermawan dari intern keluarga dan ekstern keluarga. Tujuannya melahirkan rasa kepedulian bersama kerabat dekat. Terkumpul dana untuk 16 Janda Dhuafa, dan diikatkan dengan mereka yang berasal dari 4 keturunan, yang masing2 4-5 orang. Sedang dari luar keluarga berasal dari BASNAS Kabupaten Sumenep. Kedua, dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Quran dengan tartil oleh Moh. Reza FA. Keberaniannya saya patut apresiasi, yang tanpa ragu melepaskan kemampuannya di tengah2 keluarga. Ketiga, Sudah mulai ada keterbukaan hati setiap saudara untuk mengetahui saudara yang lain. Kumpulan database yang dibuat pengurus diminta untuk dimiliki. Walau tidak sempurna, saya coba uraikan dengan menggunakan layar dan infocus. Namun karena persiapan dan waktu terbatas, akhirnya apa jadinya. Maaf bagi jumlah keluarga yang belum disebut namanya. Keempat, sudah ditemukan perkembangan BANI pada setiap generasi. Generasi 1 ada 12 bani namun yang aktif 7 bani, Generasi 2 ada 42 bani namun yang aktif 31 bani, Generasi ke 3 ada 69 Bani. Dari semua bani ini terdata 622 orang warga. Namun, berapa jumlah generasi ke 4? Kita hitung dulu untuk disampaikan tahun depan. Kelima, penyanpaian izin untuk dilanjutkan melalui pertemuan para koordinator bani, yang pada generasi ketiga mencapai 96 Bani. Apa agendanya? Kita tunggu kesepakatan para koordinator.

KENDALA DAN HALANGAN:

Banyak keluarga yang belum datang karena beberapa halangan syar’i, yaitu:

Pertama, karena wafatnya anggota keluarga 4S, diantaranya Gung Abd. Latif dan H. Mukmin. Kedua, hajatan lain yang bersamaan. Kami memaklumi karena kendala memang pasti ada dan tak tentu menimpa seseorang. Ketiga, domisili jauh (luar kota) sehingga belum berkesempatan hadir. Semoga mendapat karunia kekuatan dan kesabaran. Amin.

PENUTUP/DOA

Sesi terakhir ini adalah pemanjatan doa untuk arwah dan kami yang hadir yang dipimpin oleh H. Ubaidillah.

AGENDA TAMBAHAN

1. Pemberian Santunan.

Sebagai bagian dari kepedulian dari persaudaran 4 keturunan, maka dilakukan sistem berbagi. Yang mampu diketuk hatinya agar berbagi terhadap yang kurang mampu, khususnya terhadap sesepuh kita yang hidup tanpa suami (JANDA), dan kurang mampu secara materiil.

Di samping itu, kami mendapat kepercayaan dari BASNAS Sumenep untuk menyampaikan santunan kepada keluarga Kami para Janda Duafa sebanyak 15 amplop untuk 15 janda Duafa.

Daftar nama-nama Janda Dhuafa yang mendapat santunan:
BANI H. ADNAN BIN K. ABU BAKAR
1. Essip
2. Zahma
3. Hasiya
4. Samawiya
5. Dija
6. Rahma

BANI NY. SUTAMA
1.Hawiya
2.Maryama
3. Rahma
4. Su’iyah
5. Hawiyah

BANI K. SURDJATI
1. Naimah
2. Suminah
3. Suhaena
4. Asna
5. Maiyah

Masing-masing mendapat santunan sejumlah Rp. 120.000,- kecuali Ibu Rahma Rp. 100.000,-

2. Doorprice Kehadiran.

Untuk meramaikan dan menggairahkan acara doorprice kehadiran diberikan secara acak pada anggota keluarga yang hadir tanpa membedakan status mampu dan tak mampu. Semuanya mendapatkan kesempatan yang sama. Ada 8 anggota keluarga yang beruntung, masing-masing mendapat ragam bingkisan.

Adapun isi bingkisan yang disediakan adalah:

 

AKUNTANSI KEUANGAN (laporan utama).

Pemasukan:

a. Sumbangan Sukarela berasal dari:

Bani KH. Abdul Mannan Rp. 450.000′-

Bani Ismail Rp. 1.500.000,-

Bani Salma Rp. 200.000,-

Bani Rahmat (H. Miftah) Rp. 200.000,-

Total jumlah pemasukan: 2.350.000,-

b. Sumbangan PerKK:

Absensi (laki-laki) Rp. 692.000,-

Absensi (Perempuan) Rp. 508.000,-

Total jumlah SKK Rp. 1.200.000,-

Total Pemasukan: Rp. 3.550.000

PENGELUARAN:

1. Tali kasih 16 orang (Janda) x 120.000,- = 1.900.000,-

2. Dukungan kepada Tuan Rumah= 1.200.000,-

3. Dana doorprice 8 buah = Rp. 250.000,-

4. Administrasi Rp. 100.000,-

Total Pengeluaran = Rp. 3.450.000

SALDO: Rp. 3.550.000,- 3.450.000,- = Rp. 100.000,-

Demikian, semoga menjadi bahan bagi kita untuk berbuat lebih baik dan banyak bagi keluarga besar 4 bersaudara (TABASSUM).

Gapura, 8 Mei 2022/7 Syawal 1443 H.

H. Achmad Mulyadi (Ketua)

H. Afif Ma’ruf (Sekretaris)

 

Asli Mandala Gapura Sumenep Madura Jawa Timur, Koordinator Perukyat Wilayah Madura, Pengabdi di IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan) , Mampir Tidur di Pondok Pesantren Mathali'ul Anwar Pangarangan Sumenep, Pernah Nyantri di Asrama MAPK Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bersandar di PMII dan NU, Ta'abbud Safari di RAUDHAH Masjid Nabawi dan Manasik Haji Mekkah (2014), Sekarang Nyantri di UIN Walisongo Semarang

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *