Pertemuan ke 12

Tatap muka kali ini merupakan tatap muka terakhir, waktu dua tatap muka berikutnya adalah masa yang diberikan kepada mahasiswa untuk menyiapkan dua tugas dalam rangka pemenuhan ujian tengah dan akhir semester. Waktu yang diberikan kepada mahasiswa hanya sampai 10 Januari 2021 sesuai kalender akademik yang ditetapkan oleh Pimpinan INKADHA (Notulensi rapat 24 Desember 2020).

Tatap muka ditutup dengan menampilkan dua pemakalah (hadir 6 mahasiswa). Dua pemakalah ini, seorang pemakalah tunda dengan judul “Sejarah, Teori dan Prinsip Manajemen” karena saat waktu presentasi tidak hadir dan seorang pemakalah lain dengan judul “Manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SDN Kalisangka II Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep”.  Makalah terakhir adalah makalah yang secara langsung diajukan di kelas.

Secara metodologis, sajian kedua pemakalah belum mengikuti teknis penulisan yang baik. Pemakalah pertama terkesan merangkum sebuah tulisan jurnal sehingga tersajikan seperti sebuah laporan penelitian. Sedangkan pemakalah kedua menulis dengan menggunakan catatan kaki atau footnote akan tetapi penulisannya kurang sempurna karena ditulis tanpa halaman, termasuk pada daftar pustaka hanya tertulis satu buku referensi padahal di dalam makalah tertulis beragam buku yang dirujuk, di samping penulisannya dalam bentuk bab/bab (bab 1 sampai bab 3).

Adapun secara substantif (isi makalah), makalah pertama berisi uraian yang terlalu umum, teori manajemen yang dikaji terlalu general dan mutu pendidikan yang belum terumuskan lebih spesifik serta tidak dilengkapi dengan data lapangan yang memadai. Sedangkan makalah kedua berisi penjelasan yang cukup hanya perlu dilengkapi dengan uraian tentang manajemen dalam Islam.  Karena itu kedua pemakalah perlu membaca dan (melihat) penjelasan pengampu sebelumnya tentang sistematika penulisan makalah. (Bacalah website di bawah)

Sabtu, 2 Januari 2021

Pengampu,

Achmad Mulyadi

Catatan:

Baca dengan teliti prihal penulisan makalah dan revisilah!

MAKNA MANAJEMEN DAN FUNGSINYA DALAM SEBUAH KEPEMIMPINAN

 

 

 

Asli Mandala Gapura Sumenep Madura Jawa Timur, Koordinator Perukyat Wilayah Madura, Pengabdi di IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan) , Mampir Tidur di Pondok Pesantren Mathali'ul Anwar Pangarangan Sumenep, Pernah Nyantri di Asrama MAPK Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bersandar di PMII dan NU, Ta'abbud Safari di RAUDHAH Masjid Nabawi dan Manasik Haji Mekkah (2014), Sekarang Nyantri di UIN Walisongo Semarang

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *