PETA KONSEP MANAJEMEN DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADIS

Pertemuan ketiga:

Islam sangat mengedepankan keteraturan. Al-quran menyebut entitas-entitas dan makhluk-makhluk di alam semesta sebagai ayat-ayat  kekuasan dan keberadaan Allah Swt.  Keberadaan Allah Swt dan adanya kekuasaan menata dan mengatur alam semesta menunjukkan wujud keteraturan karena adanya sistem yang berlaku di alam semesta. Karena itu, Islam sangat menganjurkan dan mengagumkan keteraturan. Argumen ini memberikan dalil atau alasan pentingnya sebuah MANAJEMEN.

Manajemen diistilahkan at-Tadbir, pengaturan. Dalam ilmu manajemen modern, manajemen meliputi tiga kajian utama yaitu manajemen manusia, manajemen organisasi dan manajemen proses. Ketiganya menunjukkan urgensitas menajemen dari aspek sumber dayanya, wadah atau sarana dan metode pelaksanaannya. Untuk mencapai sebuah manajemen yang bertanggung jawab dan profesional, Islam (al-Quran dan Hadis) memberikan konsep-konsep, nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasarnya.

Berdasarkan konsep dan nilai-nilai dasar tersebut, kajian tentang manajemen akan dielaborasi dengan tema dan subtema berikut:

  1. Teori Manajemen. Tema ini dijelaskan dengan subtema: 1). Makna manajemen dan Fungsinya dalam sebuah kemimpinan, 2). Sejarah, teori dan prinsip-prinsip manajemen, dan 3). Hubungan antara kepemimpinan, manajemen dan administrasi.
  2. Pespektif al-Quran dan Hadis Tentang manajemen. Tema ini dielaborasi dengan subtema: 4), Konsep pendidikan Pespektif al-Quran dan Hadis, 5), Manajemen manusia dan organisasi Pespektif al-Quran dan Hadis dan 6). Manajemen proses Perspektif al-Quran dan Hadis
  3. Penerapan konsep manajemen pespektif al-Quran dan Hadis pada sekolah dan madrasah berbasis pesantren. Tema ini ditelaah dengan subtema: 7). Manajemen Pendidikan sekolah dan madrasah pada Pesantren, 8). Kepemimpinan Kepala Sekolah pada pesantren (Studi Kasus), 9). Kepemimpinan Kepala Madrasah pada Pesantren (Studi Kasus).

Tema dan subtema di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengembangan wawasan bagi mahasiswa Program Studi MPI Pascasarjana INKADHA untuk mengaplikasikannya pada lembaga pendidikan yang diabdikannya saat ini dan di masa yang akan datang.

Untuk itu, mahasiswa wajib secara aktif dan bertanggungjawab menelaah serta menuliskannya dalam sebuah tulisan ilmiah kemudian mempresentasikannya pada pertemuan tatap muka. Karena itu, Mahasiswa diberi kesempatan kuliah mandiri selama 15 hari  mulai tanggal 24 Oktober 2020 untuk berbagi tugas atas subtema di atas, kemudian dilanjutkan dengan pencarian referensi dan penulisan artikel ilmiah setelah mendapat balasan diterima oleh Dosen, selanjutnya mengirimkannya pada email: mulyadidik71@gmail.com paling lambat tanggal 8 Nopember 2020.

Berikut beberapa contoh referensi:

  1. Goffar, Manajemen Dalam Islam, e-Journal STAI AT-TAKWA Bondowoso, diunduh tanggal 19 Oktober 2020.
  2. Priyono, Pengantar Manajemen, (Sidoarjo; Zefatama, 2007), e-book diunduh tanggal 21 Oktober 2020.
  3. Romlah, Manajemen Pendidikan Islam, (Bandar Lampung, 2016), e-book diunduk tanggal 22 Oktober 2020.
  4. Arwidayanto dkk, Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan, (Bandung; Widya, 2017), e-book diunduh tanggal 22 Oktober 2020.
  5. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
  6. John S. Oakland, Total Quality Management and Operational Excellence, (London: Routledge, 2014).
  7. Naveed Sultana, Educational Leadership and Management, (Islamabad: Allama Iqbal Open University, 2014).

Selamat beraktifitas, Semangat dan Sukses Selalu.

Salam,

Achmad Mulyadi

Perhatian:

Buktikan kehadiran dengan menuliskan subtema yang menjadi tugasnya!

Asli Mandala Gapura Sumenep Madura Jawa Timur, Koordinator Perukyat Wilayah Madura, Pengabdi di IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan) , Mampir Tidur di Pondok Pesantren Mathali'ul Anwar Pangarangan Sumenep, Pernah Nyantri di Asrama MAPK Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bersandar di PMII dan NU, Ta'abbud Safari di RAUDHAH Masjid Nabawi dan Manasik Haji Mekkah (2014), Sekarang Nyantri di UIN Walisongo Semarang

38 Comments

  1. hamdan

    Reply

    Penerapan konsep manajemen pespektif al-Quran dan Hadis pada sekolah dan madrasah berbasis pesantren.

  2. NURUL LATIFAH, S.P

    Reply

    Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Pondok Pesantren Sabilunnajah Lembaga Pedidikan Islam Mambaul Hikmah Banasare Rubaru Sumenep

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *