Foto: NASA/AFPFoto: NASA/AFP

 

Bagi penggemar keindahan alam, khususnya para ahli astronomi, malam ini (minggu malam, 8/9/2019) akan tampak fenomena Saturnus terlihat bersembunyi di balik Bulan.
Fenomena ini dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Dr. H. Thomas Djamaluddin, sebagai Okultasi Saturnus. Okultasi sendiri diartikan peristiwa astronomis ketika sebuah benda langit tampak dilintasi benda langit lainnya berdasarkan sudut pandang pengamat di bumi.

“Okultasi terjadi ketika objek berukuran relatif lebih besar menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil jika diamati dari Bumi”.

Lebih lanjut, LAPAN memaparkan bahwa Saturnus cukup untuk diamati langsung secara bersamaan dengan Bulan sehingga peristiwa ketika planet bercincin ini menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati tanpa instrumen tambahan.
Perlu jadi perhatian bagi yang tertarik untuk menyaksikan kejadian alam ini, agar mencari posisi kedua objek tersebut di langit. Kedua benda langit ini cukup mudah dikenali. Artinya, tidak ada kesulitan untuk mencari posisi keduanya kecuali saat langit sedang mendung.
“Fenomena ini dapat diamati di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan, dan wilayah di sekitarnya,” kata LAPAN.
Dalam informasi yang disampaikan LAPAN, sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati detik-detik Saturnus ‘dilahap’ Bulan yang ada di depannya.
(Sumber: detikInethttps://inet.detik.com/science/d-4697955/fenomena-menarik-malam-ini-ada-saturnus-di-balik-bulan)
Inilah fenomena yang terlihat dari bumi Sumenep Madura
Foto amatiran ini adalah foto pakai kamera hp yang menampakan saturnus di balik bulan. Tampak saturnus mendempet bulan.
Sementara di langit Yogyakarta yang kebetulan sedang mendung hanya tampak sinar rembulan, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini

Didik Mulyadi

@RDE Yogya, 8 September 2019

 

Asli Mandala Gapura Sumenep Madura Jawa Timur, Koordinator Perukyat Wilayah Madura, Pengabdi di IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan) , Mampir Tidur di Pondok Pesantren Mathali'ul Anwar Pangarangan Sumenep, Pernah Nyantri di Asrama MAPK Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bersandar di PMII dan NU, Ta'abbud Safari di RAUDHAH Masjid Nabawi dan Manasik Haji Mekkah (2014), Sekarang Nyantri di UIN Walisongo Semarang

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *