PURNACANDRA

Tak terasa kita mengais cahaya rahmat dan ampunan Allah Swt di bulan Ramadhan ini sudah melewati 15 hari. Ini ditandai dengan sempurnanya cahaya bulan yang dipantulkan dari matahari. Peristiwa ini disebut purnama atau purnacandra. Ini terjadi karena bulan berada di belakang bumi ditinjau dari posisi matahari. Biasanya kondisi ini dapat diamati saat umur bulan sudah mencapai 14-15 hari (karena secara astronomi satu putaran bulan berotasi selama 29,5 hari). Bulan purnama yang terjadi di bulan Mei disebut MAY FLOWER MOON.
Purnama pada bulan Mei tahun ini terjadi pada tanggal 18-19 dan berdekatan dengan saat dikenangnya al-Quran pertama diturunkan, yaitu peringatan Nuzulul Qur’an.

Peristiwa ini merupakan agenda penting bagaimana Allah Swt. memantulkan cahayaNya melalui al-Quran dan ini akan diperoleh bagi orang-orang membaca, menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupannya sehari-hari. Karena itu, al-Quran ini harus menjadi pedoman, sekaligus pelita hati setiap orang yang mengaku sebagai hambaNya.

Semoga kita benar-benar memperoleh kesempurnaan cahaya ilahi dengan mengambil hikmah dari peringatan Nuzulul Quran. Amin
#hikmahNuzululQuran
#tafakkurbulanmatahari
#purnacandrabulan

(Mandala, 20/05/2019)

Asli Mandala Gapura Sumenep Madura Jawa Timur, Koordinator Perukyat Wilayah Madura, Pengabdi di IAIN Madura (dulu STAIN Pamekasan) , Mampir Tidur di Pondok Pesantren Mathali'ul Anwar Pangarangan Sumenep, Pernah Nyantri di Asrama MAPK Jember dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bersandar di PMII dan NU, Ta'abbud Safari di RAUDHAH Masjid Nabawi dan Manasik Haji Mekkah (2014), Sekarang Nyantri di UIN Walisongo Semarang

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *